MENGATASI DAPODIK

MENJAWAB PERTANYAAN SERTA CARA MENGATASI
PERMASALAHAN SEPUTAR APLIKASI PENDATAAN DIKDAS

(DAPODIK) SD DAN SMP KABUPATEN PATI

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PATI
PROVINSI JAWA TENGAH
TAHUN 2013

Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 1

Assalamu Alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh

Bismilahirrahmanirrohim semoga tulisan ini dapat membantu bapak/ibu operator sekolah SD dan SMP
Negeri maupun Swasta di Kabupaten Pati yang menangani Aplikasi Pendataan Dikdas (DAPODIK).

Dalam tulisan ini saya akan menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan operator sekolah dan akan
memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Pertanyaan atau permasalahan yang sering
ditanyakan antara lain :

1.
Apa itu Aplikasi Pendataan Dikdas (DAPODIK) dan apa tugas sekolah dalam menindaklanjuti
tugas pendataan tersebut?
2.
Bagaimana cara melihat VERSI APLIKASI yang sudah terinstal di laptop?
3.
Bagaimana cara melakukan UPDATE dari Aplikasi Pendataan Dikdas Versi 1.12 ke Aplikasi
Pendataan Dikdas versi terbaru 1.13?
4.
Seberapa penting sekolah harus melakukan UPDATE ke Aplikasi Pendataan Dikdas versi
terbaru 1.13?
5.
Bagaimana cara memindah Aplikasi Pendataan Dikdas dari laptop lama ke laptop yang baru?
6.
Apakah Aplikasi Pendataan Dikdas versi 1.13 bisa dilakukan lebih dari 1 laptop?
7.
Bagaimana spesifikasi laptop yang digunakan untuk melakukan kegiatan Aplikasi Pendataan
Dikdas versi 1.13?
8.
Software pendukung apa saja yang digunakan untuk kegiatan Aplikasi Pendataan Dikdas versi
1.13?
9.
Contoh pengisian FORM Registrasi dalam Aplikasi Pendataan Dikdas versi 1.13?
10.
Bagaimana kalau sekolah lupa KODE REGISTRASI?
11.
Bagaimana kalau sekolah lupa dengan USERNAME (email) dan PASSWORD?
12.
Bagaimana kalau laptop yang digunakan untuk pendataan diinstal ulang, terserang virus, atau
hilang dicuri orang sehingga semua data dalam Aplikasi Pendataan Dikdas hilang?
13.
Apa saja yang perlu didata dalam Aplikasi Pendataan Dikdas versi 1.13?
14.
Contoh pengisian PRASARANA di menu SEKOLAH?
15.
Contoh pengisian SARANA menu SEKOLAH?
16.
Contoh pengisian ROMBEL di menu SEKOLAH?
17.
Bagaimana cara mengatasi PTK yang tidak bisa ditarik ke rombel dengan keterangan “Record
Tidak Terdaftar”?
18.
Seberapa penting harus dilakukan penarikan (DRUG DROP) peserta didik dan PTK ke rombel
masing-masing?
19.
Contoh pengisian TUGAS TAMBAHAN di menu PTK?
20.
Contoh pengisian RIWAYAT TERDAFTAR di menu PTK?
21.
Contoh pengisian RIWAYAT PENDIDIKAN Formal di menu PTK?
22.
Contoh pengisian RIWAYAT MENGAJAR di menu PTK?
23.
Contoh pengisian RIWAYAT KEPANGKATAN di menu PTK?
24.
Contoh pengisian RIWAYAT GAJI BERKALA di menu PTK?
25.
Contoh pengisian TUNJANGAN di menu PTK?
26.
Bagaimana kalau ada PTK mengajar di lebih dari 1 sekolah dan bagaimana cara mengisi jam
mengajarnya?
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 2

27.
Bagaimana langkah-langkah pengiriman data secara ONLINE apabila sudah selesai melakukan
pendataan DAPODIK?
28.
Cara mengatasi apabila menemukan keterangan INVALID error dalam jumlah sekian setelah
diVALIDASI?
29.
Kenapa laptop sudah keadaan ONLINE tapi status di Aplikasi Pendataan Dikdas versi 1.13
masih OFFLINE?
30.
Cara mengetahui atau mengecek data yang dikirim sudah terkirim apa belum?
31.
Dimana bisa mendapatkan informasi tentang Pendataan DAPODIK di Kabupaten Pati?
32.
Apa yang harus dilakukan apabila ada PTK yang MUTASI ke sekolah lain?
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 3

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya akan memberi jawaban dan cara mengatasi
masalah yang ada. Saya mulai menjawab dari pertanyaan pertama dan seterusnya :

1.
Apa itu Aplikasi Pendataan Dikdas (DAPODIK) dan apa tugas sekolah dalam menindaklanjuti
tugas pendataan tersebut?
JAWABAN :

Aplikasi Pendataan Dikdas (DAPODIK) adalah aplikasi yang digunakan untuk memenuhi seluruh
kebutuhan data Kemdikbud sebagai dasar perencanaan dalam pelaksanaan program yang bersifat
transaksional dengan Daerah maupun langsung dengan sekolah dan seluruh entitas data
Pendidikan seperti : Penyaluran dana BOS, Rehab, Tunjangan Guru, Subsidi siswa miskin.

Tugas sekolah adalah melakukan input data dalam Aplikasi Pendataan Dikdas versi 1.13 yang
meliputi data profil sekolah, peserta didik dan PTK. Data yang diinput harus data yang valid dan
lengkap. Setelah melakukan input data, sekolah harus mengirimkan data ke SERVER PUSAT.

2.
Bagaimana cara melihat VERSI APLIKASI yang sudah terinstal di laptop?
JAWABAN :

Untuk melihat Versi Aplikasi bisa dilihat pada gambar di bawah yang dilingkari merah!!!
Apabila sudah menggunakan Aplikasi versi 1.13, maka tidak perlu di UPDATE dan bisa
melanjutkan pendataan DAPODIK dengan Aplikasi tersebut, akan tetapi kalau versi Aplikasi
masih tertera versi 1.12 (1.0.12.07 BETA) Anda harus melakukan UPDATE aplikasi yang
terbaru yaitu versi 1.13.
Software Aplikasi Pendataan Dikdas versi 1.13 bisa di DOWNLOAD di Website Dinas
Pendidikan Kabupaten Pati => http://disdik.patikab.go.id

Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 4

3.
Bagaimana cara melakukan UPDATE dari Aplikasi Pendataan Dikdas Versi 1.12 ke Aplikasi
Pendataan Dikdas versi terbaru 1.13?
JAWABAN :

Untuk TAHAP demi TAHAP melakukan UPDATE Aplikasi, akan saya sampaikan dengan
JELAS di bawah :

a. Silahkan Anda MASUK/LOGIN ke program APLIKASI PENDATAAN DIKDAS versi
1.12 yang sudah terinstal di Laptop/Komputer!!!
b. Lalu BACKUP data yang sudah Anda masukkan di APLIKASI PENDATAAN DIKDAS
versi 1.12 dengan cara SIMPAN LOKAL seperti gambar di bawah ini :

c. Pilih lokasi penyimpanan, dalam hal ini kami anjurkan untuk menyimpan file BACKUP di
DESKTOP biar lebih mudah mencarinya. Lalu klik OK !!!
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 5

d.
Setelah sukses melakukan BACKUP, file database akan muncul di DESKTOP. File inilah
yang nanti akan kita gunakan untuk memindahkan DATA yang sudah dientry dari Aplikasi
Pendataan Dikdas Versi 1.12 ke Aplikasi Pendataan Versi 1.13.
“PASTIKAN TAHAP BACKUP dilakukan dengan SUKSES karena jika tidak Anda akan
kehilangan data yang sudah dienrty. Setelah dipastikan SUKSES mem-BACKUP, Anda bisa
melanjutkan ke TAHAP berikutnya”
e.
Tutup/Close program Aplikasi Pendataan Dikdas
f.
Lalu Buka DRIVE C lalu RENAME/GANTI NAMA Folder Aplikasi Pendataan menjadi
Aplikasi Pendataan Lama
g.
Selanjutnya siapkan Aplikasi Pendataan Dikdas Versi 1.13 yang sudah Anda
DOWNLOAD atau COPY lalu EXTRACT file tersebut !!!
h.
Lakukan install Aplikasi Pendataan Dikdas Versi 1.13 dengan cara klik kiri 2x file
SETUP.EXE , lalu klik LANJUT => PILIH PROVINSI-KAB/KOTA => LANJUT =>
LANJUT => INSTALL => FINISH/SELESAI
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 6

i.
Setelah selesai meng–INSTALL, lakukan REGISTRASI ulang g di Aplikasi Pendataan
Dikdas Versi 1.13 den ngan KODE REGISTRASI sekolah masing g-masing !!! (USERNAME
dan PASSWORD jang gan sampai LUPA dan diperhatikan huruf BE ESAR-KECIL-nya)

Nama Lengkap p diisi Nama Sekolah

Username diis si Email Sekolah kalau
tidak punya Em mail Operator

Password diis si terserah tapi jangan
sampai LUPA

No. HP diis si No. HP Operator
Pendataan

Kode Registrassi diisi Kode Registrasi
sekolah mas sing-masing. Jangan
sekali-kali mmenggunakan KODE
REGISTRASII sekolah lain.
j. Selanjutnya lalukan REESTORE DATA dengan cara klik menu RE ESTORE di sebelah kanan
APLIKASI !!!
k. Lalu apabila muncul peertanyaan YA – TIDAK – BATAL, pilihlah h YA !!!
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, , S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Patti Page 7

l. Pilihlah DATABASE hasil BACKUP versi 1.12 yang berada di DESKTOP tadi lalu klik
OPEN !!!
m. Klik RESTORE DATABASE lalu tunggu PROSES sampai selesai, kalau PROSES selesai
lalu klik RESTART APLIKASI !!!
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 8

n.
Tutup/Close Aplikasi Pendataan Dikdas Versi 1.13 tersebut lalu lakukan PATCH, file
PATCH berada dalam FOLDER Aplikasi Pendataan Dikdas Versi 1.13 yang sudah Anda
DOWNLOAD.. Untuk cara PATCH : klik kiri 2x file patch_1.13.0.1.exe
o. Lalu klik RUN !!!
p. Lalu untuk DESTINATION FOLDER pilih lokasi di C:\Aplikasi Pendataan\ lalu klik OK
dan klik INSTALL atau seperti gambar di bawah ini :
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 9

q. Klik YES TO ALL tunnggu PROSES dan SELESAI.
r.
Nah, proses UPDATE E aplikasi sudah selesai. Silahkan cek data sek kolah Anda di Aplikasi
Pendataan Dikdas Ve ersi 1.13.
4.
Seberapa penting kita haruus melakukan UPDATE ke Aplikasi Penda ataan Dikdas terbaru versi
1.13?
JAWABAN :

Sangat penting dan HARU US dilakukan UPDATE ke Aplikasi terbaru v versi 1.13 karena data yang
diterima dan yang akan di iproses oleh SERVER PUSAT adalah data yyang berasal dari Aplikasi
versi 1.13

5.
Bagaimana cara memindah h Aplikasi Pendataan Dikdas dari laptop lama ke laptop yang baru?
JAWABAN :

Caranya hampir sama deng gan jawaban Nomor 2, yaitu dengan cara BACCKUP LOKAL/SIMPAN
LOKAL di laptop yang la ama lalu SIMPAN DATABASE ke FLAS SHDISK dan colokkan ke
laptop satunya (laptop yang g baru), lalu lakukan RESTORE data di lapto op yang baru.

6.
Apakah Aplikasi Pendataan n Dikdas versi 1.13 bisa dilakukan lebih dari 1 laptop?
JAWABAN :

Pendataan Dapodik TIDAKK BOLEH dilakukan lebih dari 1 laptop. K Karena nanti akan membuat
data sekolah anda KACAU U.

Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, , S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Patti Page 10

7.
Bagaimana spesifikasi lap ptop yang digunakan untuk melakukan keg giatan Aplikasi Pendataan
Dikdas versi 1.13?
JAWABAN :

a.
Laptop dengan PR ROSESSOR minimal DUAL CORE (kalauu menggunakan prosessor
ATOM bisa tapi res sikonya lemot),
b.
RAM minimal 1 GyygaBite,
c.
Sistem Operasi ya ang support dengan Aplikasi Pendataan DDikdas versi 1.13 hanya
Microsoft (Windowws XP, Windows 7, Windows 8) laptop p dengan Sistem Operasi
berbasis linux dan MAC (Apple) tidak bisa menjalakan Aplika asi Pendataan Dikdas versi
1.13.

d.
Setting REGIONA L dan LANGUAGE di Control Panel har
Arus menggunakan Bahasa
Indonesia.

e.
Laptop sehat dan BEERSIH dari VIRUS.
8.
Software pendukung apa s saja yang digunakan untuk kegiatan Aplika asi Pendataan Dikdas versi
1.13?
JAWABAN :

a.
ADOBE AIR
b.
Microsoft Office (2 2003, 2007, 2010) / pilih salah satu
c.
ADOBE READER R
d.
WINRAR
e.
ANTI VIRUS yang g selalu di-UPDATE
9.
Contoh pengisian FORM R Registrasi dalam Aplikasi Pendataan Dikdas v versi 1.13?
JAWABAN :


Nama Lengkap diisi Nama Sekolah

Username diisi i Email Sekolah kalau
tidak punya Em mail Operator

Password diisi terserah tapi jangan
sampai LUPA

No. HP diisii No. HP Operator
Pendataan

Kode Registras si diisi Kode Registrasi
sekolah masiing-masing. Jangan
sekali-kali mmenggunakan KODE
REGISTRASI sekolah lain.
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, , S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Patti Page 11

10. Bagaimana kalau sekolah lupa KODE REGISTRASI?
JAWABAN :

Sekolah lupa KODE REGISTRASI silahkan kirim Email ke : dapodik@disdik.patikab.go.id

“Tuliskan secara jelas Nama Sekolah, Nama Operator dan Nomor HP”

11. Bagaimana kalau sekolah lupa dengan USERNAME (email) dan PASSWORD?
JAWABAN :

Kalau ada masalah lupa USERNAME (email) dan PASSWORD solusinya ada 4 cara, yaitu :

a.
Ingatlah apa USERNAME dan PASSWORD yang dulu telah dibuat
b.
Kalau masih lupa, ingat-ingat lagi lalu lakukan dengan konsentrasi penuh
c.
Dan masih lupa lagi, istirahatlah dulu nanti setelah pikiran agak fresh cobalah untuk
mengingat kembali
d.
Kalau memang sudah tidak ingat juga, silahkan datang ke Kantor Dinas Pendidikan
Kabupaten Pati dengan membawa laptop yang digunakan untuk pendataan.
12. Bagaimana kalau laptop yang digunakan untuk pendataan diinstal ulang, terserang virus, atau
hilang dicuri maling sehingga semua data dalam Aplikasi Pendataan Dikdas hilang?
JAWABAN :

Aplikasi Pendataan Dikdas adalah pendataan yang dilakukan oleh sekolah dan datanya langsung
dikirim ke Server Pusat KEMDIKBUD tanpa melalui UPT Disdik Kecamatan, Dinas Pendidikan
Kabupaten ataupun Dinas Pendidikan Provinsi. Jadi misalkan terjadi kehilangan data DAPODIK,
saya sebagai operator tingkat kabupaten tidak bisa membantu mengembalikan data yang hilang.

Maka dari itu sangat saya sarankan, sebelum laptopnya rusak, terkena virus, diinstall ulang atau
sebelum laptopnya hilang dicuri maling, perampok, garong, penjahat, atau sejenisnya, harap ikuti
saran saya dibawah ini :

a.
Lakukan BACKUP DATA secara berkala, lalu simpan database itu ke FLASHDISK/CD
atau memory di tempat lain selain laptop yang digunakan untuk pendataan itu.
b.
Pemakaian ANTI VIRUS sangatlah penting, dan ANTI VIRUS harus di UPDATE secara
rutin demi keselamatan data di laptop Anda.
c.
Semua saran saya di atas demi kebaikan bersama, terserah anda mau melakukannya apa
tidak, data yang sudah hilang akan mengakibatkan anda harus kerja lagi mulai dari awal •
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 12

13. Apa saja yang perlu di data dalam Aplikasi Pendataan Dikdas versi 1.13?
JAWABAN :

Semua form yang ada di Aplikasi Pendataan Dikdas versi 1.13 sifatnya WAJIB diisi, form
tersebut meliputi :

a. Profil Sekolah
b. Peserta Didik
c. PTK
Apabila data yang diisi tidak lengkap dan tidak valid, sekolah sendiri yang akan rugi karena
KEMDIKBUD melihat kondisi SEKOLAH, PESERTA DIDIK dan PTK melalui pendataan ini.
Dan apabila di kemudian hari segala jenis bantuan ditangguhkan karena datanya tidak lengkap
atau tidak valid itu merupakan tanggungjawab sekolah masing-masing. Maka dari itu lengkapi
data dalam pendataan ini selengkap-lengkapnya dan sevalid-validnya.

14. Contoh pengisian PRASARANA di menu SEKOLAH?
JAWABAN :

Selain Ruang Kelas juga harus dilengkapi ruang-ruang lain yang ada di sekolah masing-masing.

Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 13

15. Contoh pengisian SARANA di menu SEKOLAH?
JAWABAN :

16. Contoh pengisian ROMBEL di menu SEKOLAH?
JAWABAN :

a. Tambahkan ROMBEL seperti contoh di bawah ini !!!
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 14

b. Lalu masukkan Peserta Didik sesuai kelasnya ke dalam ROMBEL masing-masing dengan
cara ditarik (DRUG & DROP) atau sesuai gambar di bawah ini, setelah itu isikan Tanggal
Terdaftar dan Jenis Pendaftaran. Contoh : 09-07-2012 dan Siswa Baru/Naik
Kelas/Pindahan/Tinggal Kelas
Pilih Rombelnya dulu
c.
Tarik juga PTK Mengajar ke dalam ROMBEL-ROMBEL tempat PTK tersebut mengajar.
Point ini sangat PENTING, karena yang akan menentukan JUMLAH JAM MENGAJAR
PTK. Dan kalau TAHAP ini dilewati jangan harap data yang tercover di KEMDIKBUD akan
lengkap dan benar. Ikuti seperti contoh di bawah ini, untuk MAPEL dan JAM MENGAJAR
sesuaikan dengan KEADAAN di SEKOLAH MASING-MASING, perlu diperhatikan
bahwa JAM MENGAJAR diisikan PER ROMBEL,
Contoh : Suparjo guru Bahasa Inggris, memiliki Total Jam mengajar 24 jam. Jadi harus
diperinci 24 jam itu mengajar di ROMBEL mana saja. Misal : di ROMBEL 7A punya 4 jam,
7B sampai dengan 7F juga punya 4 jam. Jadi nanti di REKAP akan secara otomatis Suparjo
memiliki 24 jam, yang didapat dari 4 jam x 6 rombel. Berlaku juga untuk PTK Mapel lain.
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 15

17. Bagaimana cara mengatasi PTK yang tidak bisa ditarik ke rombel dengan keterangan “Record
Tidak Terdaftar”?
JAWABAN :

Bagi yang mengalami seperti gambar di atas (PTK tidak memiliki record terdaftar) ada 2 cara
untuk menyelesaikannya :

a.
Di menu PTK lakukan EXPORT ke Excel => BUKA File Excel tersebut => SAVE AS
dengan SAVE AS TYPE : csv (comma delimited) => IMPORT file csv (comma delimited)
tersebut ke Aplikasi Pendataan Dikdas versi 1.13
b.
Atau dengan cara Tarik PTK yang bisa ditarik lalu setelah berada di ROMBEL ganti nama
PTK tersebut dengan PTK yang tidak bisa ditarik. Ikuti seperti gambar di bawah ini :
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 16

18. Seberapa penting harus dilakukan penarikan (DRUG DROP) Peserta Didik dan PTK ke rombel
masing-masing?
JAWABAN :

SANGATLAH PENTING dan HARUS dilakukan oleh semua SEKOLAH. Karena data tersebut
akan digunakan sebagai ACUAN untuk PENYALURAN dana BOS, Tunjangan Profesi Guru dan
lain-lain.

19. Contoh pengisian TUGAS TAMBAHAN di menu PTK?
JAWABAN :

Data TUGAS TAMBAHAN yang diinput disesuaikan dengan kondisi PTK masing-masing,
gambar di atas hanya contoh pengisiannya. Jika ada GURU BK tambahkan TUGAS
TAMBAHAN sebagai GURU dan Jumlah Jamnya sesuai dengan kondisi di sekolah masingmasing.

20. Contoh pengisian RIWAYAT TERDAFTAR di menu PTK?
JAWABAN :

Data RIWAYAT TERDAFTAR yang diinput disesuaikan dengan kondisi PTK masing-masing,
gambar di atas hanya contoh pengisiannya. Untuk Tahun Ajaran diisi tahun ajaran saat ini.

Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 17

21. Contoh pengisian RIWAYAT PENDIDIKAN TERAKHIR di menu PTK?
JAWABAN :

Data RIWAYAT PENDIDIKAN TERAKHIR yang diinput disesuaikan dengan kondisi PTK
masing-masing, gambar di atas hanya contoh pengisiannya. Bagi PTK yang masih proses
melanjutkan pendidikan, kolom STATUS KULIAH, NIM dan SEMESTER juga harus diisi.

22. Contoh pengisian RIWAYAT MENGAJAR di menu PTK?
JAWABAN :

Data RIWAYAT MENGAJAR yang diinput disesuaikan dengan kondisi PTK masing-masing,
gambar di atas hanya contoh pengisiannya.

Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 18

23. Contoh pengisian RIWAYAT KEPANGKATAN di menu PTK?
JAWABAN :

Data RIWAYAT KEPANGKATAN yang diinput disesuaikan dengan kondisi PTK masingmasing,
gambar di atas hanya contoh pengisiannya.

24. Contoh pengisian RIWAYAT GAJI BERKALA di menu PTK?
JAWABAN :

Data RIWAYAT GAJI BERKALA yang diinput disesuaikan dengan kondisi PTK masing-masing,
gambar di atas hanya contoh pengisiannya.

Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 19

25. Contoh pengisian TUNJANGAN di menu PTK?
JAWABAN :

Data TUNJANGAN yang diinput disesuaikan dengan kondisi PTK masing-masing, gambar di
atas hanya contoh pengisiannya. (Nominal diisi sesuai jumlah tunjangan yang diterima perbulan)

26. Bagaimana kalau ada PTK mengajar di lebih dari 1 sekolah dan bagaimana cara mengisi jam
mengajarnya?
JAWABAN :

Misal ada kasus :

Suharno mengajar MAPEL Penjasorkes di SD Negeri Winong 01 (sebagai INDUK) dan mengajar

MAPEL Penjasorkes di SD Negeri Sidokerto 01 (sebagai BUKAN INDUK). Jadi penyelesaiannya

Operator Pendataan di SD Negeri Winong 01 (INDUK) memasukkan data Jam Mengajar
Suharno sesuai jumlahnya di sekolah tersebut.

Begitu pula Operator Pendataan di SD Negeri Sidokerto 01 (BUKAN INDUK) juga
memasukkan data Jam Mengajar Suharno sesuai dengan jumlahnya di sekolah tersebut.
Kasus diatas hanyalah contoh, operator pendataan di masing-masing sekolah harus memasukkan
data PTK entah itu statusnya INDUK atau BUKAN INDUK dan diinputkan juga berapa jumlah
jam PTK tersebut mengajar di masing-masing sekolah.

Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 20

27. Bagaimana langkah-langkah pengiriman data secara ONLINE apabila sudah selesai melakukan
pendataan DAPODIK?
JAWABAN :

Untuk pengiriman data, LAPTOP harus
dalam keadaan ONLINE, terkoneksi
dengan INTERNET yang LANCAR dan
STABIL agar data yang dikirim tidak
mengalami masalah.

Langkah-langkah pengiriman :

1.
Lakukan VALIDASI
2.
Clean UP
3.
Lalu KIRIM KE SERVER
4.
Tunggu sampai ada tulisan
UPLOAD SELESAI
5.
Data yang sudah dikirim akan
diproses oleh SERVER PUSAT
maksimal sampai dengan 7 hari
setelah tanggal pengiriman.
28. Cara mengatasi apabila
menemukan keterangan INVALID error dalam jumlah sekian setelah
diVALIDASI?
JAWABAN :

Contoh : terdapat INVALID : 3 Records

Benarkan dulu data yang ditandai

MERAH,

1.
Tanggal bulan tahun lahir siswa
harus VALID
2.
Jumlah DIGIT NUPTK harus 16
DIGIT
3.
Jumlah Digit NISN harus 10 digit
4.
Apabila ada NISN double, cek lagi
NISN siswa yang ditandai merah.
5.
Siswa tidak punya NISN, kolom
NISN dikosongi saja.
Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 21

29. Kenapa laptop sudah keadaan ONLINE tapi status di Aplikasi Pendataan Dikdas versi 1.13 masih
OFFLINE?
JAWABAN :

Laptop yang mengalami hal seperti itu disebabkan karena virus, yang harus dilakukan adalah :


SCAN laptop dengan ANTI VIRUS yang HANDAL dan UPDATE

Kalau masih belum bisa, pindah ke laptop lain yang kondisinya SEHAT (langkah untuk
memindah data DAPODIK dari laptop 1 ke laptop yang lain bisa diikuti seperti jawaban nomor
5 di atas)
30. Cara mengetahui atau mengecek data yang dikirim sudah terkirim apa belum?
JAWABAN :


Buka alamat http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id login menggunakan email dan
password yang sama ketika login ke Aplikasi Pendataan Dikdas versi 1.13

Buka alamat http://116.66.201.163:8000/index.php

Buka alamat http://116.66.201.163:8083/info.php
Apabila kesulitan membuka ketiga alamat tersebut, hendaklah bersabar. Karena server website
ketiga situs itu sering DOWN dikarenakan banyak sekali yang mengakses. Kalau pagi tidak bisa
membuka coba buka pada siang hari, siang tidak bisa coba buka sore, sore tidak bisa buka malam
hari, dan malam haripun juga tidak bisa ulangi lagi buka saat pagi hari esoknya begitu seterusnya
sampai bisa membukanya. •

31. Dimana bisa mendapatkan informasi tentang Pendataan DAPODIK di Kabupaten Pati?
JAWABAN :

a.
Melalui website Dinas Pendidikan Kabupaten Pati http://disdik.patikab.go.id
b.
Bagi yang memiliki FACEBOOK bisa JOIN ke grup Operator Pendataan Dikdas Kab. Pati
http://www.facebook.com/groups/219415411514791

32. Apa yang harus dilakukan apabila ada PTK yang MUTASI ke sekolah lain?
JAWABAN :

PTK yang MUTASI ke sekolah lain, harap status di MENU PTK diubah menjadi MUTASI.

Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 22

Alhamdulillah akhirnya selesai menjawab 32 pertanyaan ke dalam tulisan ini. Saya ingatkan
tulisan ini hanyalah contoh pengisian dari beberapa point yang sering ditanyakan. Jadi point-point yang
tidak ada di tulisan ini juga harus dilengkapi. Operator sekolah harap mengisi data sesuai dengan kondisi
di sekolah masing-masing. Data diharapkan diisi sesuai dengan keadaan yang sebenar-benarnya dan
selengkap mungkin, karena data sangatlah mahal harganya untuk hari ini, besok dan seterusnya.

Apabila di kemudian hari ada pertanyaan dan permasalahan baru yang belum saya tulis di sini,
saya mohon masukkannya dan bisa kita bahas bersama-sama di Forum Facebook “Operator Pendataan
Dikdas Kab. Pati“.

Semoga tulisan ini dapat membantu dalam menyelesaikan Pendataan Dapodik khususnya di
Kabupaten Pati. Maaf apabila ada kesalahan kata dari diri saya dalam tulisan ini. Saya selaku operator
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati hanya menyampaikan informasi dan semoga bermanfaat.

Terima kasih dan selamat bekerja, bekerjalah dengan ikhlas Allah SWT pasti akan membalas
semua kebaikan yang anda lakukan ..•

Wassalamu Alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh

Ditulis oleh : Indriawan Ari Yudiono, S. Kom
ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Page 23

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s